Kamis, 23 Februari 2012

Sekolah Ku, Rumah ke-2 Ku.

Nah, seperti yang sudah dikatakan pada postingan sebelumnya bahwa untuk beberapa hari ke depan aku akan menulis postingan-postingan tentang sekolah. Berhubung karena ini termasuk ke dalam proyek akhir mata pelajaran TIK. Jadi, selamat membaca ya! :)
"Sekolah Ku, Rumah Kedua Ku"
Mungkin sering kita mendengar ungkapan tersebut. Yah, seorang pelajar selain menghabiskan waktunya dirumah, juga menghabiskan hampir semua waktunya di sekolah. Karena itulah sekolah sering dikatakan sebagai rumah ke-2 kita. Dalam ilmu sosiologi, sekolah termasuk ke dalam media sosialisasi, bersamaan dengan lingkungan keluarga, teman, dan media massa.
Sekolah adalah suatu tempat di mana kita semua menuntut ilmu. Kita semua mendapatkan ilmu dari guru-guru yang ada di sekolah. Namun, sepertinya ungkapan yang menyatakan bahwa sekolah adalah rumah ke-2 kita  adalah suatu hal yang kurang tepat. Mengapa? Karena yang terjadi adalah sebaliknya. Sekolah adalah rumah pertama kita dan guru adalah orang tua kita yang pertama. Banyak diantara kita yang mungkin tidak sependapat tentang hal ini. Tapi, hal tersebut bukanlah masalah yang harus dibesar-besarkan.
Hampir lima atau enam hari dalam satu minggu kita berada di sekolah. Banyak pengalaman yang kita dapatkan di sana. Begitu juga dengan ilmu-ilmunya. Sehingga hal inilah yang menyebabkan adanya argumen-argumen yang mengatakan bahwa sekolah adalah rumah pertama bagi kita. Guru juga dikatakan sebagai orang tua pertama kita karena hampir setiap hari kita berinteraksi dengan mereka.
Sekolah dibentuk sebagai suatu lembaga pendidikan yang wajib memeberikan kita (pelajar) bimbingan. Di sekolahlah kita mendapatkan banyak hal. sekolahlah yang menjadi pusat pendidikan bagi kita.

Sebenarnya banyak fungsi dari sekolah sebagi lembaga pendidikan, diantaranya:
  • Memberikan keterampilan-keterampilan dasar bagi anak (kita).
  • Menyiapkan tenaga ahli pembangunan.
  • Mendidik dan mengajarkan kita nilai-nilai dan norma-norma.
  • Membentuk jiwa-jiwa manusia yang aktif untuk bersosialisasi dan berbaur dalam masayarakat.
Nah, sekarang tinggal kita yang memilih. Apakah kita merasakan bahwa sekolah merupakan rumah kita yang pertama atau yang kedua. Yang pasti, di sekolahlah kita mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanafaat untuk dapat nantinya kita gunakan di masa depan.

Sumber : http://www.anneahira.com/sekolah
Ini adalah postingan pertama tentang sekolah. Yah, bisa dibilang sebagai intro dari postingan-postingan yang akan datang. Tolong berikan kritik dan saran dari postingan ini ya.. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Playslists

Miku!! ^^

Kaito Shion ^^

Singing Hatsune Miku